Marketcap atau Kapitalisasi pasar adalah istilah umum yang digunakan di dunia cryptocurrency. Market Cap / Market capitalization adalah metrik yang menunjukkan nilai pasar dan ukuran mata uang digital. Marketcap Cryptocurrency diwakili oleh persamaan berikut ini:

harga pasar saat ini x persediaan beredar (total koin di pasar) = crypto market cap

Istilah crypto market cap sendiri pun diambil dari Company Stock Market Cap / Kapitalisasi Pasar Saham, di mana kapitalisasi pasar saham adalah harga saham saat ini dikalikan dengan jumlah total saham yang ada.

Jadi…

Company Stock Market Cap = jumlah total saham x harga saat ini

Crypto Market Cap = jumlah total koin yang beredar x harga saat ini

Bagaimana Menghitung Marketcap Crypto?

Sebagai contoh harga Etherium (ETH) adalah Rp. 2.000.000 dan jumlah coin yang beredar di pasar sebanyak 10.000 Coin ETH. Maka Marketcap dari ETH adalah 20.000.000.000

Lalu ambil contoh harga Bitcoin Cash (BCH) adalah Rp. 3.000.000 dan jumlah coin yang beredar di pasar sebanyak 6.000 Coin BCH. Maka Marketcap dari BCH adalah 18.000.000.000

Jadi, walaupun harga BCH lebih tinggi, namun ETH memiliki lebih banyak Coin yang beredar di pasar. Ini memungkinkan nilai Marketcap ETH lebih tinggi dibandingkan dengan BCH.

Lalu bagaimana cara BCH bisa memiliki nilai Marketcap yang lebih tinggi dari ETH.

  1. Nilai Coin BCH menjadi lebih tinggi, atau
  2. Total Coin BCH yang beredar di pasar lebih banyak tanpa mengurangi nilai Coin.

Anda dapat melakukan pembelian ETH, BCH, BTC, ataupun aset digital lainnya menggunakan Rekeningku.com. Jangan lupa gunakan ANA Coin untuk mendapatkan diskon biaya transaksi.

Was this post helpful?