Perbedaan market maker dan market taker

Market Maker

Market Maker adalah member Rekeningku.com yang menjual atau membeli bitcoin atau aset kripto lainnya dengan menggunakan harga antrian, atau dalam kata lain menggunakan metode ‘Limit’.

Katakanlah harga aset kripto (misal: Bitcoin) saat ini Rp 105.000.000 per BTC. Kemudian member ingin membeli Bitcoin sebesar Rp 10.000.000 di harga Rp 100.000.000 per BTC dengan mengisi form beli Limit Order. Ketika member sudah mengkonfirmasi beli, order akan masuk dengan status pending order/tertunda sampai ada member lain yang menjual Bitcoinnya di harga Rp100.000.000.

Baca juga: Cara Beli Bitcoin dan Aset Digital Lain

Order yang pending itu akan terdaftar di dalam antrian order Jual/Beli (Order Book), dan dengan begitu, member telah menjadi seorang Market MakerIntinya untuk menjadi seorang Market Maker, member harus melakukan pembelian dengan harga di bawah harga market jual tertinggi, atau melakukan penjualan dengan harga di bawah harga market beli tertinggi.

Baca juga: Cara Melihat Pending Order

Keuntungan menjadi Market Maker adalah member bisa mentransaksikan aset kripto di harga yang member inginkan.

Market Taker

Market Taker adalah member Rekeningku.com yang membeli atau menjual aset kripto dengan menggunakan harga yang sudah tertera di dalam antrian.

Mereka yang menjadi Market Taker melakukan pembelian aset kripto dengan menggunakan metode Market atau Jual/Beli tetapi memasukan harga pembelian dengan harga di atas harga market jual tertinggi, atau melakukan penjualan dengan harga di atas harga market beli tertinggi.

Baca juga: Cara Beli Bitcoin Secara Instant

Keuntungan menjadi market taker adalah member bisa menjual/membeli Aset kripto secara instan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Diskon Biaya di Rekeningku.com

Apakah artikel ini membantu?