Aave adalah protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi), open-source dan non-kustodian pada blockchain smart contract Ethereum yang memberikan akses pada setiap user Aave ini dapat memberikan pinjaman dan meminjam aset digital. Jika dibandingkan dengan Compound  (COMP),  sistem pinjam meminjam pada Aave ini menggunakan strategi pool-based dimana pemberi pinjaman menyediakan likuiditas dengan melakukan deposit aset digital mereka dalam pool-contract. Secara bersamaan, di dalam kontrak yang sama, dana yang terkumpul bisa dipinjam oleh user dengan memberikan jaminan. Pemberi pinjaman yang melakukan deposit akan mendapatkan bunga dengan menyediakan likuiditas pada kolam dana pinjaman, dan peminjam juga dapat memperoleh pinjaman melalui kolam pinjaman ini dengan pilihan tingkat suku bunga yang bervariabel dan stabil, selama mereka dapat memberikan jaminan yang cukup dalam bentuk aset lain untuk dipinjam.

Tingkat bunga bagi peminjam dan pemberi pinjaman ditentukan berdasarkan algoritma yang dibuat pada protokol Aave. Untuk peminjam, tingkat suku bunga yang didapat tergantung pada nilai dan jumlah dana yang tersedia pada kolam dana pinjaman pada waktu tertentu. Ketika dana dipinjam, maka jumlah dana yang tersedia berkurang yang pada akhirnya akan menaikkan tingkat bunga. Untuk pemberi pinjaman, tingkat bunga disesuaikan dengan tingkat pendapatan. Dengan adanya algoritma menjaga cadangan likuiditas protokol Aave, hal ini akan  menjamin penarikan kapan saja.
Token LEND dapat digunakan untuk pengurangan biaya transaksi. Pada protokol Aave sendiri tata kelola berjalannya sistem dapat diatur oleh mereka yang memegang token LEND dengan melakukan voting untuk menentukan keputusan yang terkait dengan parameter protokol dan upgrade pada smart contract. Hal ini dapat dibandingkan dengan tata kelola pada MakerDAO di mana para stakeholders memiliki kepentingan dalam memberikan suara untuk menentukan parameter protokol saat ini dan masa mendatang.

Pecinta Cryptocurrency Indonesia dapat melakukan transaksi Jual Beli Aset Digital Aave (LEND) di Rekeningku.com menggunakan Rupiah.
Jangan lupa gunakan ANA Coin agar mendapatkan diskon biaya transaksi.

Apakah artikel ini membantu?