Algorand adalah perusahaan teknologi yang membangun dan mengembangkan Pure Proof-of-Stake (PPoS), protokol blockchain murni terbuka pertama, permissionless, tanpa forking, serta memberikan keamanan, skalabilitas, dan desentralisasi yang diperlukan untuk perekonomian saat ini.

Berdasarkan sistem Pure Proof of Stake ini setiap pengguna dapat membaca setiap blok dan diberi kesempatan untuk menulis transaksi di blok yang akan datang. Pengguna dapat memengaruhi pemilihan blok baru berdasarkan ukuran Stake mereka dalam sistem yang diukur dalam jumlah token ALGO.

Blockchain Algorand menawarkan finalitas transaksi langsung, tanpa risiko Forking atau ketidakpastian. Setelah sebuah blok terbuat, setiap blok baru tetap di rantai tanpa batas, sehingga memastikan bahwa semua transaksi di blockchain ini tetap final. Setelah peluncuran Algorand MainNet jaringan dilaporkan mampu memproses 1.000 transaksi per detik, menempatkannya lebih dekat ke tingkat kinerja jaringan pembayaran seperti VISA.

Algorand sendiri dipimpin oleh pemenang penghargaan Turing, Silvio Micali seorang professor MIT dan tim kriptografer, insinyur, dan matematikawan terkenal yang memecahkan trilemma blockchain. Mereka bertujuan dengan adanya sistem blockchain yang bersifat terbuka dan publik ini akan membentuk ekosistem inklusif yang memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk memanfaatkan potensi ekonomi yang adil dan tanpa batas dengan memanfaatkan protocol dari Algorand dan open source software.

Apakah artikel ini membantu?