Apa Itu Bitcoin Gold ?

Bitcoin Gold adalah salah satu produk Bitcoin terbaru yang muncul pada bulan Oktober 2017. Pengguna Bitcoin Gold dapat mulai menciptakan blok dengan algoritma proof-of-work baru, pada ketinggian blok yang telah ditetapkan.

Tujuan Pembentukan Bitcoin Gold

Tujuan utama pembentukan Bitcoin Gold adalah untuk menciptakan blok terdesentralisasi baru bagi para penambang di seluruh dunia. Perlu diketahui bahwa penambangan pada Bitcoin (BTC) sudah sangat sulit dilakukan dengan budget rendah. Hal ini terjadi karena hampir semua penambangan SHA 256 sudah dikuasai oleh perusahaan besar penambang Bitcoin dengan menggunakan alat ASIC yang super canggih.

Tentu munculnya Bitcoin Gold memberikan keuntungan bagi para penambang, khususnya para penambang baru yang memiliki budget rendah untuk tetap berkompetisi, sebab adanya perubahan algoritma Proof-of-Work yang dilakukan Bitcoin, diharapkan para penambang individu mampu mengikuti penambangan Bitcoin Gold menggunakan peralatan Graphics Processing Units (GPU) yang memadai.

Inilah penyebab Blockchain Bitcoin mengalami pemecahan. Meskipun begitu, Blockchain Bitcoin akan terus berlanjut tanpa mengalami perubahan. Hanya saja, Blockchain Bitcoin memiliki cabang baru yang akan terlepas dari rantai aslinya. Cabang inilah yang dikenal dengan nama Bitcoin Gold.

Cara Mendapatkan Bitcoin Gold

Metode distribusi coin untuk Bitcoin Gold (BTG) sama persis dengan apa yang digunakan oleh Bitcoin Cash (BCH) beberapa waktu lalu. Semua pemilik Bitcoin yang memiliki private key Bitcoin pada tanggal 25 Oktober 2017 (blok 491 407) akan menerima Bitcoin Gold seharga 1 BTC = 1 BTG (Apabila member memiliki aset 20 Bitcoin, maka Anda akan menerima sejumlah 20 Bitcoin Gold).

Anda perlu mengendalikan private key Bitcoin untuk melakukan transaksi Bitcoin Gold.

Saat ini member dapat membeli dan menjual Bitcoin Gold di bursa Aset digital. Kalau di Indonesia, member dapat melakukannya di Rekeningku.com.

 

Apakah artikel ini bermanfaat?
Yes16
No4