Cardano adalah proyek blockchain dan cryptocurrency publik terdesentralisasi dan sepenuhnya open source. Cardano sedang mengembangkan platform ‘smart-contract’ yang berusaha untuk memberikan fitur yang lebih canggih daripada protokol yang dikembangkan sebelumnya. Cardano merupakan platform blockchain pertama yang berevolusi dari filosofi ilmiah dan pendekatan berbasis penelitian pertama. Tim pengembangan terdiri dari kumpulan insinyur dan peneliti ahli global.

Diciptakan oleh ex-co founder Ethereum Charles Hoskinson, Cardano adalah blockchain berbasis protokol proof-of-stake (PoS) yang dikenal ramah lingkungan. Mata uang kripto dalam jaringan ini adalah ADA, yakni kripto generasi ketiga yang lebih mutakhir dengan pengamanan yang cukup berlapis.

Protokol ini hadir sebagai solusi atas beratnya beban tenaga listrik di jaringan protokol blockchain berbasis proof-of-work. Protokol blockchain ini kerap dituding sebagai emas tak ramah lingkungan berkat penggunaan komputer yang banyak untuk mengamankan jaringannya.

Saat artikel ini dibuat (29 September 2021), Cardano (ADA) menempati posisi 4 market cap dengan nilai kapitalisasi pasar Rp 961.632.833.761.600
berdasarkan Coinmarketcap.