Compound Finance pembuat dari token COMP adalah protokol desentralisasi keuangan (DeFi) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan deposit dan meminjam aset digital (cryptocurrency) dimana Supplier mendapatkan komisi atas cryptocurrency yang mereka depositkan ke protokol Compound dan peminjam dapat melakukan deposit aset digital mereka sebagai jaminan untuk meminjam aset lainnya serta membayar bunga kepada pemberi pinjaman. Compound bertujuan menciptakan pasar uang yang likuid untuk cryptocurrency dengan menetapkan suku bunga pinjaman menggunakan algoritma berdasarkan dinamika pasar secara real time.

Cara beroperasi Compound mirip dengan bank. Pengguna dapat menyimpan berbagai cryptocurrency dan mendapatkan bunga tahunan atas simpanan mereka. Namun, perbedaan utama Compound dengan bank adalah bahwa Compound tidak memiliki hak atas cryptocurrency penggunanya. Pengguna sebenarnya mengirimkan aset digital mereka melalui interaksi dengan Smart Contract, bukan perusahaan atau pengguna lain. Fitur ini menjadi penting karena artinya tidak ada orang atau otoritas yang dapat mengendalikan atau mengambil saldo pengguna.

Token COMP sendiri adalah token berbasis Ethereum, yang dapat digunakan untuk mengelola protokol compound. Setiap pengguna yang melakukan kegiatan deposit dan meminjam ini akan memperoleh token COMP. Pengguna yang menyimpan COMP dapat ikut berpartisipasi dalam pengelolaan protokol Compound. Mereka dapat mengikuti voting bahkan mengajukan sebuah proposal yang mencakup penambahan dukungan untuk aset baru pada Compound, perubahan pada suku bunga pinjaman dan hal lainnya yang berkaitan dengan jalannya protokol Compound. Hal ini bertujuan agar membuat Compound menjadi organisasi keuangan otonomi terdesentralisasi di masa depan.

Pecinta Cryptocurrency Indonesia dapat melakukan transaksi Jual Beli Aset Digital Compound (COMP) di Rekeningku.com menggunakan Rupiah.
Jangan lupa gunakan ANA Coin agar mendapatkan diskon biaya transaksi.

Apakah artikel ini membantu?