Dogecoin DOGE Rekeningku

Dogecoin (DOGE) merupakan mata uang digital peer-to-peer open source yang unik dan cukup terkenal di dunia. Coin yang menggunakan maskot dari meme populer anjing Shiba Inu ini diciptakan oleh Billy Markus dari Portland, Oregon dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia pada Desember 2013. Mereka beranggapan bahwa sebuah mata uang crypto haruslah menyenangkan dan tidak selalu berkaitan soal keuangan. Oleh karena itu, mereka berdua memutuskan untuk membuat mata uang digital mereka sendiri. Dogecoin yang bermula-mula diciptakan untuk mengejek Bitcoin, dikarenakan harganya yang terus bergerak tak karuan ini akhirnya menjadi sebuah komunitas crypto yang besar. Dogecoin juga sering dikenal sebagai sebuah mata uang digital “bersahabat” karena alasan yang baik. Shibes, yaitu panggilan untuk fans dari Dogecoin, menggunakan dogecoin menjadi coin untuk donasi amal dan berbagai macam kegiatan positif.

Dogecoin adalah hasil fork dari Luckycoin (fork dari Litecoin). Dogecoin memiliki protokol proof-of-work yang berbeda dari Bitcoin dalam beberapa cara, salah satunya adalah Dogecoin menggunakan teknologi Scrypt. Tidak ada sistem Halving pada Dogecoin dan jumlah pasokannya sendiri tidak dibatasi seperti Bitcoin atau coin lainnya sehingga tidak ada batasan jumlah Dogecoin yang dapat ditambang. Setiap orang dapat menambang Dogecoin mereka sendiri, atau dengan bergabung dengan suatu pool penambangan. Penambang Dogecoin dapat menambang Doge pada Windows, Mac atau Linux, dan dengan bantuan perangkat GPU.

Sebagai cryptocurrency favorit Elon Musk (CEO Tesla Motors), Dogecoin telah digunakan sebagai fasilitas untuk pemberian tip pada komunitas Reddit dan Twitter dengan maksud memberikan suatu penghargaan pada content creator yang berkualitas. Komunitas Shibes ini juga menggunakan wadah Reddit sendiri untuk menggalang dana amal dengan Dogecoin seperti SocksForTheHomeless dan DogePizza.

Apakah artikel ini membantu?