Solana adalah proyek open source yang sangat fungsional yang menggunakan teknologi blockchain tanpa izin untuk menyediakan solusi keuangan terdesentralisasi (DeFi). Sementara ide dan pengerjaan awal proyek dimulai pada tahun 2017, Solana secara resmi diluncurkan pada Maret 2020 oleh Solana Foundation yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss.

Protokol Solana dirancang untuk memfasilitasi pembuatan aplikasi terdesentralisasi (DApp). Ini bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas dengan memperkenalkan konsensus proof-of-history (PoH) yang dikombinasikan dengan konsensus proof-of-stake (PoS) yang mendasari blockchain.

Karena model konsensus hibrida yang inovatif, Solana menikmati minat dari pedagang kecil dan pedagang institusional. Fokus penting dari Solana Foundation adalah membuat keuangan terdesentralisasi dapat diakses dalam skala yang lebih besar.

Saat artikel ini dibuat (10 November 2021), Solana (SOL) menempati posisi 6 di Coinmarketcap dan total pasokan SOL 508.586.700 dan yang beredar pada saat ini mencapai 302.648.727