Uniswap merupakan protokol terdesentralisasi open- source yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar token ERC-20 mereka tanpa harus menggunakan perantara lain. Protokol Uniswap dikembangkan oleh Hayden Adams dan disini uniswap beroperasi tanpa membebankan biaya platform ataupun biaya perantara bagi mereka yang ingin menggunakan protokol uniswap ini selain membebankan biaya gas untuk pengiriman token pada jaringan Ethereum. Pada dasarnya Uniswap meberikan solusi likuiditas sehingga siapa pun dapat meminjamkan token ERC-20 yang mereka miliki ke cadangan khusus yang disebut kumpulan atau kolam likuiditas. Sebagai imbalan bagi Liquidity Provider yang memberikan token kepada kumpulan ini, mereka akan memperoleh sebagian persen biaya trading dari transaksi swap yang dilakukan oleh para pengguna Uniswap.

Uniswap beroperasi dengan desain yang disebut Constant Product Market Maker, yang merupakan varian dari model yang disebut Automated Market Maker (AMM). Hal inilah yang membuat pengguna Uniswap dapat menukarkan token ERC-20 apapun pada protokolnya.

Protokol Uniswap telah berfungsi sebagai infrastruktur keuangan trustless dengan infrastruktur keuangan terdesentralisasi. Uniswap memiliki kesesuaian pasar produk yang terbukti untuk infrastruktur keuangan yang sangat terdesentralisasi dengan platform yang telah berkembang secara mandiri, Uniswap sekarang memiliki posisi yang sangat baik untuk pertumbuhan, pengembangan, dan keberlanjutan sendiri yang saat ini dipimpin oleh komunitas yang besar. Pengenalan UNI (ERC-20) yang merupakan token asli dari protokol Uniswap dimana nantinya bagi siapa saja pemegang UNI dapat memberikan suara pada perubahan protokol yang memungkinkan kepemilikan komunitas bersama dan sistem tata kelola sistem yang dinamis, beragam, dan berdedikasi, yang akan secara aktif memandu protokol ini menuju masa depan yang baik.

Pecinta Cryptocurrency Indonesia dapat melakukan transaksi Jual Beli Aset Digital Uniswap (UNI) di Rekeningku.com menggunakan Rupiah.

Jangan lupa gunakan ANA Coin agar mendapatkan diskon biaya transaksi.

Apakah artikel ini membantu?