Apa itu Zcash?

Zcash (ZEC) merupakan Aset Digital yang transaksinya sepenuhnya anonim. Jika dalam transaksi Bitcoin kita bisa melihat transaksi seseorang mulai dari berapa jumlah transaksi dan alamat mereka.

Zcash merupakan pendekatan baru terhadap problematika anonimitas yang terdapat pada cryptocurrency, terutama Bitcoin. Seperti yang telah kita ketahui, Bitcoin hanya memiliki karakteristik semi anonim, di mana beberapa teknik analisis bisa digunakan untuk membuka sebagian informasi terkait identitas pengguna BTC.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Zcash menggunakan teknik yang terlebih dahulu dikembangkan oleh tim Zerocash. Teknik ini terkait dengan zero-knowledge proof, yaitu metode di mana seseorang bisa membuktikan bahwa ia memiliki data tertentu tanpa harus menginformasikan data tersebut kepada orang lain. Zerocoin kemudian memformulasikan teknik serupa ke dalam protokol yang disebut dengan zk-snarks. Konsep-konsep inilah yang kemudian dilebur menjadi 1 proyek saja, yaitu Zcash.

Kelebihan Zcash

Kelebihan Zcash terletak pada protokol yang digunakannya yaitu zk-SNARK, yang merupakan singkatan dari zero- knowledge Succinct Non-interaktif Argument dari Knowledge. Protokol ini memungkinkan jaringan untuk mempertahankan buku besar aman dari saldo tanpa mengungkapkan pihak-pihak atau jumlah yang terlibat. Dalam bahasa sederhana, zk-SNARK bisa dilihat sebagai bentuk baru dari zero-knowledge kriptografi yang memastikan bahwa transaksi di Zcash sepenuhnya dienkripsi pada blockchain dan kerahasiaan metadata transaksi dipertahankan.

zk-SNARK adalah bukti khusus konstruksi di mana seseorang dapat membuktikan kepemilikan informasi rahasia tanpa mengungkapkannya. Ini juga menghilangkan kebutuhan akan interaksi antara pemberi dan pemberi verifikasi.

Cara mendapatkan Zcash

Cara pertama adalah dengan cara mining (menambang).
Member bisa menambang Zcash menggunakan perangkat GPU, namun tetap harus memperhatikan ROI (Return Of Investment) yang didapat. Karena penambangan mata uang kripto membutuhkan persiapan budget yang lumayan besar.

Cara kedua yaitu membeli Zcash
Member bisa mendapatkan Zcash dengan membelinya di Marketplace Rekeningku.com.

 

 

 

Apakah artikel ini bermanfaat?
Yes34
No4